Ciri-ciri HOAXX atau Pemberitaan Palsu

1. Hoax yang berupa uraian tulisan / berita.
Salah satu citi utama hoax yang berupa uraian tulisan yaitu kata-katanya semua sama di semua situs apabila dicari di google, alias cuma Copy Paste dari satu situs ke situs lainya. Pikirkan aja pakai akal, apabila memang berita besar, tidak mungkin hanya ada satu penulis yang menulisnya.
Selain itu semua hoax sumbernya tidak jelas dan isinya pun terkesan mengada-ada (dibesar-besarkan) dan beritanya tidak jelas.

Biasanya pelaku hoax mencantumkan kalimat2 dibawah ini
• Ada kalimat “Sebarkan ke tmn2 anda jg ya”. Ciri khas hoax adalah meminta penerima menyebarkan ke sebanyak mungkin penerima.
• Ada kalimat “Sudah banyak yang tertipu”. Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan penerimanya untuk segera mengirimkan hoax tersebut. Padahal kalau begitu, justru yang tertipu adalah yang menyebarkannya.
• Ada kalimat “Tadi jg ada beritanya di TV one 4:19 PM”. Kalimat ini meminjam nama tenar media tertentu, demi meyakinkan korbannya agar makin percaya.
• Menggunakan berita yang sedang booming lalu diubah agar terkesan luar biasa atau menrik untuk dibaca. Contoh :”tsunami telah membuat fossil raksasa muncul”
Sumber : http://amintea2.wordpress.com/2010/1…ciri-ciri-nya/

2. Hoax yang berupa foto
Sama seperti hoax pada uraian tulisan, ciri utama Foto Hoax yaitu foto tersebut HANYA DIAMBIL PADA SATU SUDUT PANDANG. Ciri foto hoax apabila dicari di google maka hanya akan ditemukan gambar yang sama yang di dipotret pada sudut yang sama alias foto tersebut aslinya hanya ada satu saja.

Sebagian besar foto hoax telah dimodifikasi menggunakan photoshop agar tampak meyakinkan. Selain itu foto hoax biasanya memanfaatkan nama tempat, agama, suku, kelompok, symbol, perkumpulan, perusahaan ataupun nama Negara tertentu agar lebih menyakinkan.

Beberapa foto hoax adalah foto yang tidak sengaja diambil pada sudut pandang tertentu sehingga membuat objek foto tersebut berbentuk menyerupai objek lain.Selain itu ada juga foto2 yang diburamkan atau seakan-akan diambil dari jarak jauh sehingga tidak jelas. biasanya hoax dari foto2 yg diburamkan iki adalah foto2 hewan2 cryptologi atau foto2 mistis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s